Cerdas, Kreatif, Inovatif, Yes!

3 Apr 2010

(Sumber: KIR)

(Sumber: KIR)

Kata-kata itu mejadikan nama organisasi KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) begitu mudah mendapat perhatian orang banyak sehingga banyak siswa yang ikut berpartisipasi dalam organisasi ini. Kata-kata itu juga merupakan salah satu motto dari tim kreatif KIR SMAN 11 Garut. Sesuai dengan mottonya, para siswa yang masuk organisasi ini tak hanya pintar, tetapi juga harus berpikir kreatif dan inovatif dalam untuk mencoba hal-hal yang baru.

(Sumber: KIR)

(Sumber: KIR)

KIR SMAN 11 Garut telah ada sejak sekolah ini bernama SMA Negeri 1 Garut. Awalnya keberadaan KIR sebagai kegiatan ekstrakurikuler diisi dengan kegiatan persiapan menghadapi Olimpiade Sains.

Sejak tahun 2008, tepatnya tanggal 4 April terjadi perubahan cara pandang tentang KIR. Di bawah pembinaan Bapak Drs. Jujun Wahyudin sebagai pembina KIR dimasa itu, kegiatan KIR dan Olimpiade Sains dipisah. KIR ditempatkan sebagai organisasi tersendiri yang memfasilitasi para siswa untuk mengadakan penelitian. Sejak itu anggapan KIR sebagai milik orang IPA hapus sudah, karena dalam KIR terdapat kegiatan penelitian sosial disamping penelitian eksperimen sebagai ciri khas IPA.

Menyikapi perubahan itu maka sejak tahun pelajaran 2008/2009 SMA Negeri 1 Garut (sekarang SMA Negeri 11 Garut) pembinaan KIR dan Olimpiade Sains berada dibawah pembina yang berbeda. Meskisekarang KIR di bawah bimbingan berbeda yang dipindahtangankan kepada Pak Agus, tetapi prestasi-prestasi yang telah dicapainya kian merangkak naik. Prestasi yang diraih pun tidak hanya sampai tingkat provinsi, tetapi juga sudah tingkat nasional. Ketika kami masih duduk di kelas X, oganisasi KIR ini pernah mendapatkan juara 1 tingkat nasional Lomba Karya Ilmiah Remaja. Selain itu, KIR juga pernah mendapatkan prestasi serupa pada ajang Pesta Sains yang diselenggarakan di Bogor. Dan bukan hanya itu saja, KIR dengan beranggotakan Gempur, Aditra dan Teh Devi berhasil meraih juara pertama saat mengikuti lomba KTI yang diselenggarakan Politeknik Bandung pada akhir Desember 2009 lalu. Wah, suatu prestasi yang membanggakan bagi SMAN 11 Garut, khususnya para anggota KIR.

saat lomba KTI di POLBAN (sumber: KIR)

saat lomba KTI di POLBAN (sumber: KIR)

ga kalah narsis ternyata :D (sumber: KIR)

ga kalah narsis ternyata :D (sumber: KIR)

Dan berita yang masih hangat, KIR pun telah mendapatkan kembali juara II dalam lomba karya tulis ilmiah “Chemistry Creative Contest” yang pernah diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada bulan Januari kemarin. Ketika itu, siswa yang ikut serta dalam Astra Kimia adalah Teh Devi dari kelas XII, Hesti dari kelas XI dan Gempur dari kelas X. Mereka melakukan suatu percobaan yang bertemakan tentang back to nature. Mereka berhasil mengganti batu baterai dengan menggunakan daun singkong. Dan alhasil, mereka mendapatkan juara kedua tingkat Jawa Barat. Sukses selalu buat KIR dalam menciptakan karya-karya ilmiah barunya ! :)

saat mengikuti lomba Chemistry Creative Contest (sumber: KIR)


TAGS KIR


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post