Sanksi Tegas bagi Pelanggar Tata Tertib Sekolah

31 Mar 2010

(sumber: SMAN 11 Garut)

(sumber: SMAN 11 Garut)

Setiap sekolah pasti mempunyai tata tertib masing-masing. Tak terkecuali dengan SMAN 11 Garut. Sekolah kami mempunyai tata tertib yang setiap siswa wajib melaksanakannya. Isi tata tertib tersebut salah satu diantaranya, siswa harus sudah berada di sekolah minimal 10 menit sebelum bel berbunyi. Setiap peraturan, pasti selalu ada pelanggaran. Peraturan tata tertib yang telah sekolah tetapkan selalu saja ada beberapa siswa yang melanggar peraturan tersebut. Bagi siswa yang terlambat akan mendapat sanksi tertentu, misalnya jika terlambat lebih dari pukul 07.00 WIB, maka staf guru petugas piket akan memberikan sanksi berupa scout jump ataupun hukuman lainnya. Dan jika ada siwa yang terlambat lebih dari 15 menit setelah bel berbunyi, selain hukuman, siswa tersebut akan masuk kelas pada jam pelajaran ke-2.

Pada hari Senin pagi, waktunya pelaksanakan upacara pengibaran bendera. Tak menutup kemungkinan juga pada hari Senin masih terdapat siswa/siswi yang terlambat datang ke sekolah. Biasanya, hukuman yang diberikan pada siswa/siswi yang terlambat pada saat pelaksanaan upacara lebih berat daripada terlambat pada hari-hari biasa.

Bahkan di setiap kelas tempampang dengan jelas daftar tata tertib yang harus siswa/siswi taati. Berikut foto pigura berserta isi tata tertib sekolah yang kami ambil di ruangan kelas kami:

tata tertib SMAN 11 Garut (sumber: dokumentasi penulis)

tata tertib SMAN 11 Garut (sumber: dokumentasi penulis)

Di sekolah kami, peraturan tata tertib sangat dijunjung tinggi. Apalagi mengenai masalah kedisiplinan. Selain dalam hal keterlambatan siswa sampai di sekolah, pakaian seragam yang dipakai siswa harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Biasanya, jika ada siswa yang melanggar, para guru yang melihat akan segera memberi peringatan kepada siswa tersebut. Bila setelah diberi peringatan namun masih tetap saja melanggar, pihak sekolah tidak segan-segan memberi hukuman. Selain itu, jika pelanggaran yang dilakukan siswa dinilai sangat “keterlaluan”, misalnya ketahuan merokok di area sekolah, pihak sekolah akan menegur dan memberi peringatan, bahkan tak menutup kemungkinan siswa tersebut akan dikeluarkan, tergantung pertimbangan pihak sekolah.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post