Makna Logo SMA NEGERI 11 GARUT

23 Mar 2010

SMA NEGERI 11 GARUT

logo SMAN 11 GARUT (sumber: SMAN 11 Garut)

Logo merupakan sebuah symbol-simbol dimana simbol tersebut memiliki sebuah arti yang tersembunyi.

Sekolah kami pun memiliki logo sekolah yang tentu saja memiliki makna tertentu. Makna tersebut dapat dilihat baik dari bentuk gambarnya maupun dari warnanya. Oke, kami akan menjelaskan makna daripada logo sekolah satu persatu.

  • Makna gambar

1. Gambar sayap melambangkan kecepatan. Kecepatan di sini maksudnya kecepatan dalam berpikir, kecepatan dalam berkarya, kecepatan dalam berkreasi sehingga siswa mampu mengejar kemajuan dunia saat ini.

2. Api melambangkan semangat perjuangan untuk mewujudkan cita-cita. Sebagaimana kita ketahui bahwa api selalu menyala berkobar-kobar. Hal inilah yang menunjukkan bahwa semangat siswa dalam mewujudkan cita-citanya selalu berkobar dan tidak mudah musnah.

3. Segitiga tengah melambangkan tiga pilar pendidikan yang meliputi logika, etika dan estetika. Logika adalah kemampuan siswa dalam berpikir yang cerdik dan faktual. Etika adalah perilaku yang dimiliki oleh siswa yang sesuai dengan nilai dan norma. Estetika adalah nilai keindahan yang dimiliki oleh siswa yang bersangkutan dengan nurani. Makna secara umum yaitu bahwa siswa yang sangat pandai sekalipun harus memiliki sopan santun terhadap orang lain dan tetap menjaga nilai-nilai dan norma serta tetap memiliki nilai keindahan, karena tanpa nilai estetika hidup seseorang akan terasa hampa.

4. Buku melambangkan sumber ilmu pengetahuan. Tanpa membaca buku kita tidak akan memperoleh ilmu pengetahuan karena buku memang merupakan gudang ilmu yang dapat membawa kita untuk dapat membuka jendela dunia.

5. Pena melambangkan adanya proses belajar mengajar.

6. Angka sebelas melambangkan nomor sekolah dan urutan tahun berdirinya sekolah.

7. Lingkaran dalam melambangkan dunia internasional/globalisasi. Sedangkan lingkaran luar melambangkan adanya ikatan kebersamaan dan kebulatan tekad. Maksud secara umum daripad lingkaran dalam dan lingkaran luar menunjukkan adany ikatan kekeluargaan/kebersamaan dan kebulatan tekad untuk menggapai cita-cita dalam era globalisasi seperti sekarang ini.

  • Makna warna

1. Merah melambangkan semangat dalam perjuangan

2. Orange melambangkan dinamika sekolah

3. Biru melambangkan keteguhan hati dan kewibawaan

4. Kuning melambangkan kesejahteraan dan dinamika sekolah


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post